Asupan Nutrisi untuk Otak yang Dianjurkan

Memiliki buah hati yang cerdas merupakan dambaan semua orang tua. Kita selalu mengharapkan anak memiliki otak yang cerdas sehingga bisa berprestasi di sekolahnya nanti. Ada yang berpendapat kalau kecerdasan otak didapat dari faktor genetik. Tapi tak hanya dari faktor genetik saja, kecerdasan otak juga bisa didapat dengan cara memberikan anak nutrisi untuk otak. Nutrisi untuk otak harus diberikan sejak masih dini alias sejak mereka sudah mulai mengenal yang namanya MPASI (Makanan Pendamping ASI). Dengan memberikan nutrisi untuk otak kepada anak sejak dini, maka pertumbuhan serta perkembangan otak akan bisa lebih maksimal. 

Nutrisi untuk otak yang dibutuhkan si kecil bisa didapat dari asupan makanan dan minuman yang Moms berikan. Ada beberapa bahan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi sehingga mampu memberikan nutrisi untuk otak yang optimal. Coba kita langsung cek saja yuk Moms!

  • Sayuran Berwarna

Asupan nutrisi untuk otak anak yang pertama adalah sayuran berwarna. Sayuran berwarna, terutama yang warnanya cerah memiliki kandungan vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mempertajam daya ingat anak. Saat daya ingat anak bisa lebih tajam, maka memori dapat disimpan dengan baik dalam otak. Nantinya anak juga akan lebih mudah menangkap hal-hal baru serta pelajaran seperti membaca dan berhitung. Beberapa jenis sayuran yang dianjurkan adalah brokoli, wortel, tomat, bayam, asparagus, paprika, dan lain sebagainya. 

  • Ikan Salmon

Ikan salmon sudah dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang sangat bagus untuk anak. Ikan salmon mengandung nutrisi untuk otak karena mengandung vitamin A, D, K, dan E yang dapat meningkatkan daya tangkap anak sehingga anak bisa lebih cepat mengerti ketika sedang belajar. Kemampuan anak dalam belajar pun jadi lebih unggul jika dibandingkan dengan kemampuan belajar anak-anak lainnya yang usianya tak jauh berbeda. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, DHA, dan EPA sehingga bisa membuat otak lebih berkembang dan menjalankan fungsinya dengan optimal. Selain ikan salmon, jenis ikan lainnya yang juga bagus untuk kecerdasan otak anak adalah jenis ikan laut seperti ikan haring, sarden, dan makarel. 

  • Daging Segar

Selain ikan salmon, sumber protein lainnya yang juga bagus untuk anak adalah daging segar. Daging segar memiliki kandungan zat besi yang dapat memberikan nutrisi untuk otak anak. Dengan rutin memberikan daging segar, anak bisa memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan tidak mudah terdistraksi saat sedang belajar. Jenis daging segar yang bisa dipilih adalah daging sapi atau ayam. Tapi usahakan untuk memberikan si kecil daging segar tanpa lemak. 

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat memberikan nutrisi untuk otak yang dibutuhkan anak. Dalam kacang-kacangan mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi dan protein yang dibutuhkan untuk otak. Tak hanya itu saja, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi membran sel-sel otak anak dari radikal bebas. Jenis kacang-kacangan yang bagus untuk otak adalah kacang almond dan macadamia. 

  • Biji-Bijian

Biji-bijian dikenal sebagai superfood yang dapat memberikan beragam manfaat, salah satunya adalah sebagai asupan nutrisi untuk otak. Biji-bijian mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin E, vitamin B kompleks, zat besi, zinc, dan serat. Biji-bijian juga dapat meningkatkan aktivitas sensorik anak seperti lebih peka terhadap sentuhan, rasa, dan penciuman. Jenis biji-bijian yang bagus sebagai nutrisi untuk otak adalah biji bunga matahari, biji chia, biji rami, dan lain sebagainya. Moms bisa menambahkan biji-bijian pada snack atau dessert anak.   

  • Alpukat

Salah satu buah yang bagus sebagai asupan nutrisi untuk otak adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak baik yang bisa dijadikan sebagai sumber energi serta asupan nutrisi untuk otak. Tak hanya mengandung lemak baik saja, dalam alpukat juga mengandung serat dan vitamin E yang bagus untuk perkembangan otak anak. Alpukat bisa diolah menjadi minuman atau dessert seperti dijadikan campuran pada puding, pancake, hingga es lilin. 

  • Pisang

Selain alpukat, pisang juga dapat memberikan asupan nutrisi untuk otak. Dalam pisang mengandung nutrisi yang beragam, mulai dari magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium sehingga bagus untuk perkembangan otak si kecil. Pisang juga mengandung flavonoid yang tak hanya mampu melindungi sel saraf dan otak secara maksimal, tapi juga dapat memberikan energi pada tubuh si kecil. Jenis pisang yang bagus untuk dikonsumsi anak adalah pisang raja, pisang kepok, pisang ambon, dan pisang susu.    

  • Gandum

Dalam gandum mengandung nutrisi untuk otak seperti vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang dapat meningkatkan kinerja otak agar lebih maksimal. Gandum memiliki kandungan lemak yang rendah dengan serat yang tinggi sehingga bagus untuk melepaskan kandungan glukosa yang berlebih pada tubuh anak. Asupan gandum bisa didapat dari roti gandum serta olahan gandum lainnya seperti sereal, cookies, dan lain sebagainya. 

  • Telur

Telur merupakan sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi anak karena mengandung nutrisi untuk otak di dalamnya. Protein adalah asupan yang diperlukan oleh otak. Melalui proses biokimia, protein yang didapat dari telur dapat diubah menjadi neurotransmitter. Nantinya lewat neurotransmitter inilah otak dapat memproses informasi yang ditangkap. Tak hanya itu saja, telur juga mengandung kolin yang bagus untuk mempertajam ingatan. Telur yang bagus untuk dikonsumsi anak adalah telur ayam dan telur puyuh.    

  • Susu

Asupan nutrisi untuk otak yang terakhir adalah susu. Susu sangat kaya akan kandungan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang, otot, sistem saraf, dan pastinya perkembangan otak anak. Tak hanya itu saja, susu juga mengandung vitamin B yang bagus untuk pertumbuhan jaringan otak pada anak yang usianya 1-3 tahun. Berikan asupan susu setiap harinya sebanyak dua gelas agar anak bisa mendapatkan nutrisi untuk otak secara maksimal. Susu juga bisa memberikan asupan karbohidrat sehingga anak bisa mendapatkan asupan energi yang cukup. 

Kenapa asupan energinya harus cukup? Meski ukurannya lebih kecil dibanding organ tubuh lainnya, otak dapat menghabiskan energi hingga 25% dari total energi tubuh. Energi dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk proses transmisi impuls elektris dan komunikasi antar sel saraf. Oleh karena itu, jika anak rutin minum susu setiap harinya, maka asupan energinya bisa terpenuhi dan kinerja otak bisa berfungsi dengan optimal. 

Selalu Pilih Makanan dengan Nutrisi yang Seimbang untuk Anak

Ada banyak makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi bukan? Agar kebutuhan nutrisi untuk otak bisa lengkap, sebaiknya Moms memberikan asupan yang berbeda-beda setiap harinya. Misalkan saja hari ini sudah memberikan asupan alpukat, telur, dan daging segar, keesokan harinya Moms bisa memberikan pisang, ikan salmon, dan kacang-kacangan. Tapi khusus untuk susu, Moms dapat memberikannya setiap hari karena susu tak hanya dapat memberikan asupan nutrisi untuk otak, tapi juga anggota tubuh lainnya seperti memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan energi, dan lain sebagainya. 
Semoga informasi di atas bisa sangat berguna untuk Moms dalam memberikan asupan nutrisi untuk otak anak.