Cermat Memilih Susu Bayi Rendah Gula

Susu merupakan pendamping penting dalam asupan sehari-hari Si Kecil Untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, Moms & Dads harus memberikannya susu formula. Susu formula merupakan susu yang biasanya didapat dari bahan dasar susu sapi. Tentu saja kandungan setiap susu formula berbeda-beda tergantung merknya. Pada umumnya, susu formula memiliki kandungan lemak, protein, dan karbohidrat dalam jumlah yang agak besar, barulah dilengkapi oleh kandungan vitamin dan mineral yang hadir dalam jumlah lebih kecil. 


Susu formula memiliki citarasa yang manis, tapi dari mana sebenarnya rasa manis tersebut bisa didapat? Kandungan karbohidrat yang ada pada susu formula ternyata mengandung gula yang terdiri dari laktosa, glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Kandungan gula yang ada pada karbohidrat susu formula ini tentu saja aman dikonsumsi karena mengandung rasa manis yang alami. Tapi terkadang susu formula ditambahkan jenis gula lainnya yakni sukrosa yang tidak dapat kamu temukan dalam karbohidrat. Sukrosa adalah jenis gula buatan yang rasanya jauh lebih manis daripada laktosa dan maltosa. 


Laktosa dan maltosa ini bisa dihasilkan dari glukosa dan galaktosa yang saling menempel. Sedangkan sukrosa sudah pasti dihasilkan dari gula buatan seperti gula pasir. Berhubung merupakan pemanis buatan, maka jika dikonsumsi terus menerus setiap harinya, maka sukrosa bisa berdampak buruk pada kesehatan. Sayangnya, susu formula bayi banyak yang menambahkan sukrosa sehingga citra rasanya jadi lebih manis. Penambahan sukrosa pada susu formula bertujuan untuk memberikan cita rasa manis agar Si Kecil menyukai susu tersebut. Tapi apakah susu formula dengan tambahan sukrosa aman untuk bayi?


Dampak Buruk Pada Susu Bayi yang Punya Kandungan Gula Berlebih

Kelebihan gula pada tubuh manusia tentu saja bisa berdampak buruk pada kesehatan, tak terkecuali pada bayi yang tubuhnya masih sangat rentan. Susu formula yang di dalamnya terdapat gula berlebih, nantinya bisa mendatangkan risiko kesehatan. Beberapa dampak risiko yang bisa diakibatkan dari kandungan gula berlebih pada anak adalah:

  • Gangguan Perkembangan Otak

Dampak dari kelebihan gula pada susu bayi adalah terjadinya gangguan perkembangan otak. Kadar gula tinggi dapat menyebabkan peradangan sel di area otak sehingga anak mengalami penurunan fungsi otak. 


  • Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas sudah pasti akan dialami oleh anak ketika diberikan susu bayi dengan kandungan gula berlebih di dalamnya. Gula buatan mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga jika berlebihan dapat menjadi lemak yang menumpuk sehingga berat badan bertambah.


  • Diabetes

Susu bayi dengan gula berlebih dapat menyebabkan terjadinya diabetes pada anak. Diabetes yang diderita oleh anak-anak ini kebanyakan juga menderita obesitas. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka dalam usia dini anak bisa terkena penyakit komplikasi diabetes dan obesitas. 


  • Kerusakan Pada Gigi

Kerusakan pada gigi seperti karies, karang, hingga gigi berlubang bisa diakibatkan dari seringnya anak mengonsumsi makanan manis yang berlebihan setiap harinya. Susu bayi dengan kandungan gula tambahan di dalamnya dapat menyebabkan beragam kerusakan pada gigi anak dalam jangka panjang karena kerusakannya tidak akan langsung terlihat. Kerusakan pada gigi anak akibat susu bayi dengan gula berlebih baru akan terlihat dalam hitungan tahun. 


Dampak buruk tersebut tentu saja bisa dihindari asal Moms & Dads bersikap cermat dalam memilih susu formula untuk bayi. Pilih susu bayi rendah gula yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi Si Kecil. Pemberian susu bayi rendah gula ini sebaiknya sudah dilakukan pada saat usia anak sudah memasuki angka 1 tahun karena semakin cepat semakin baik. Jika anak sudah terlanjur diberikan susu formula biasa, maka lidahnya akan mulai terbiasa dengan makanan yang manis-manis. Tapi jika Moms & Dads memberikannya susu bayi rendah gula sejak usianya masih dini, maka lidah Si Kecil pun tidak akan terbiasa dengan makanan yang terlalu manis. 


Susu bayi rendah gula umumnya tidak menggunakan pemanis buatan. Citarasa manisnya didapat secara alami dari kandungan karbohidrat yang ada pada susu tersebut. Ingat ya Moms & Dads, pemanis buatan bisa membuat anak ketagihan. Tapi tidak dengan rasa manis yang alami. Inilah yang membuat susu bayi rendah gula aman dikonsumsi anak setiap harinya. 


PUREGROW Organic Sebagai Susu Formula Organik yang Tepat untuk Si Kecil

Susu bayi rendah gula memang tidak mudah dijumpai karena memang rata-rata susu formula yang beredar di pasaran mengandung pemanis tambahan di dalamnya. Tapi Moms & Dads tak perlu bingung. Sekarang sudah ada susu formula organik yang menjadi susu bayi rendah gula untuk pilihan susu formula yang aman untuk Si Kecil. Susu formula organik memiliki banyak keunggulan yang tentunya tidak dimiliki oleh susu formula biasa.


Bagi Moms & Dads yang kesulitan mencari susu bayi rendah gula, PUREGROW Organic hadir sebagai pilihan tepat untuk susu Si Kecil. PUREGROW Organic merupakan susu formula organik yang tidak mengandung gula dan pemanis tambahan selain gula yang secara alami sudah terkandung di dalam susu sapi. Jadi Moms & Dads tidak perlu khawatir akan kemungkinan anak mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebih. 


PUREGROW Organic terbuat dari bahan-bahan yang hampir sepenuhnya organik (99%) dan tersertifikasi baik oleh European Union Organic Certification maupun sertifikasi Organik Indonesia. Selain itu, PUREGROW Organic  juga punya kandungan nutrisi lengkap. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sepenuhnya alami, tanpa adanya zat-zat kimia tambahan. Beberapa kandungan nutrisi dalam PUREGROW Organic adalah omega 3 organik, omega 6 organik, FOS dan GOS organik, DHA, kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, sumber serat pangan, protein whey organik dan casein dengan rasio seimbang. 


PUREGROW Organic menjadi susu bayi rendah gula yang mendukung pertumbuhan anak 1 sampai 3 tahun dengan nutrisi utama yang dapat menunjang pertumbuhan Si Kecil. Selain itu, ada banyak kebaikan dari nutrisi PUREGROW Organic yang nantinya bisa bermanfaat untuk anak, mulai dari dapat membantu proses belajar jadi lebih optimal karena ada kandungan omega 3 yang tinggi yakni 120 mg/ saji, membantu pertumbuhan fisik sesuai tahap pertumbuhannya karena adanya kalsium dan vitamin D, membantu fungsi pencernaan dan perkembangan bakteri baik, serta meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.   


Memberikan susu bayi rendah gula memang harus dilakukan sejak dini supaya anak bisa terbiasa dengan citarasa alami dari susu tersebut dan pastinya agar Si Kecil bisa merasakan manfaat yang lebih optimal lagi. Dengan begitu, tumbuh kembangnya akan jadi lebih maksimal. Semoga dengan adanya informasi di atas, Moms & Dads tak perlu ragu lagi dalam memilih susu bayi rendah gula bagi Si Kecil.