Heartdesign.my.id –
Jakarta (Heartdesign) – Direktur SDM dan Digital InJourney Herdy Harman mengatakan PT Angkasa Pura atau InJouney Airports yang mengelola 37 bandar udara di Indonesia terus berbenah diri dengan memperbaiki layanan nyaman kepada penumpang sebagai antisipasi kenaikan pengguna bandara jelang akhir tahun.
“Poinnya adalah, kita harus memastikan khusus di periode Natal dan tahun baru ini, sukses tadi saya juga diskusi sama teman-teman airport, bahwa bener-bener kita harus menyiapkan sedemikian rupa. Jangan sampai ada komplain sedikitpun tentang traveler yang ada di airport kita,” kata Herdy saat konferensi pers Swara Prambanan di Jakarta, Senin.
Herdy mengatakan berdasarkan data jumlah pergerakan penumpang dari InJourney Airports, periode Natal dan tahun baru kali ini di proyeksikan meningkat sebesar 4,5 hingga 5 persen dibandingkan tahun lalu, di mana penumpang internasional pada tahun 2024 sebesar 2,2 juta, meningkat 23,2 persen dibanding tahun sebelumnya.
Baca juga: InJourney siapkan ragam aktivitas di objek wisata candi
Ia mengatakan, keramahan kepada pengguna bandara harus di kedepankan untuk mencerminkan wajah ke Indonesia yang ramah. Selama transformasi bandara menuju kesiapan menghadapi Natal dan tahun baru, InJourney juga telah mengerahkan sampai dengan 16 ribu personel khusus dan selektif yang bisa menangani masifnya kedatangan penumpang, terlebih di dua bandara besar yakni Cengkareng dan Bali.
Selain itu, transformasi mempercantik bandara juga dilakukan InJourney Airports di dua bandara besar yakni Soekarno-Hatta Cengkareng untuk Terminal 3 dan I Gusti Ngurah Rai Bali di bagian jembatan penyeberangan orang yang lebih memberikan sesuatu yang unik dari Indonesia.
Selain soal pelayanan, Herdy juga mengatakan penumpang akan mendapatkan kenyamanan dari beberapa program diskon yang dapat menstimulus pembelian tiket perjalanan wisata.
Baca juga: Wamenpar pastikan kesiapan bandara Banyuwangi jelang libur akhir tahun
“Kita memastikan program-program yang menstimulus daya beli, diskon, itu kita sediakan ada beberapa program diskon yang ada di lingkungan kita, ada beberapa kreatif marketing, kemudian program-program loyalitas kita laksanakan di setiap kesempatan dimana kita berada,” kata Herdy.
Herdy mengatakan InJourney Airports juga telah mengantisipasi cuaca buruk selama liburan Natal dan akhir tahun ini dengan mengikuti standar keselamatan internasional.
“Kita menyiapkan segala sesuatunya yang terbaik dapat dilakukan memastikan semuanya berjalan baik dan lancar, keselamatan yang utama, apalagi terkait bisnis bandar udara itu, semuanya kita harus ngikutin aturan-aturan main, standar-standar internasional dari security, yang memang harus kita lakukan,” katanya.
Ia juga berharap pariwisata di tahun 2025 secara umum akan lebih baik lagi dalam hal pelayanan masyarakat dan untuk wisata yang popularitasnya masih rendah bisa dilakukan kerja sama dengan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk sama-sama bersaing dengan wisata daerah lain.
Baca juga: Proyek optimalisasi Bandara Ngurah Rai tingkatkan layanan libur Natal
Baca juga: Menpar pastikan bandara di Bali siap sambut wisatawan saat libur Natal
Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © Heartdesign 2024
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.antaranews.com/berita/4531222/injourney-airports-tingkatkan-kenyamanan-penumpang-jelang-akhir-tahun